close

Sabtu, 06 Mei 2017

Pelayanan buruk sebab tahanan kabur, ini dalih Kemenkum HAM Riau


Portal Negara - Ratusan tahanan kabur dari Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Sialang Bungkuk Pekanbaru pada Jumat (5/5) siang kemarin. Sebelum kabur mereka sempat demo sebagai bentuk protes atas pelayanan buruk yang diberikan pihak sipir.

Kemudian, tahanan yang penuh amarah mengamuk dan mendobrak pintu lalu kabur.

Pihak Kanwil Kemenkum HAM Riau berdalih selama ini tak pernah mendengar keluhan apapun dari tahanan. Padahal, secara kapasitas rutan yang sudah sangat over kapasitas. Rutan yang seharusnya dihuni tiga ratusan orang, malah berisi seribu lebih tahanan. Jumlah yang sebanyak itu hanya dijaga 30-an sipir.

"Saya tak dengar, setelah kejadian ini baru saya tahu. Saya tidak dapat keluhan itu dan sekarang baru terang benderang," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Ferdinand Siagian di Pekanbaru. Demikian dikutip dari Antara, Sabtu (6/5).

Selain itu, terkait kabar dugaan pungli yang dilakukan sipir pada tahanan, lanjut Ferdinand, akan dicek kebenarannya.

"Saya tak tahu kalau ada pungli, saya sering cek, tapi memang tak ada laporan pungli. Kita akan lakukan pemeriksaan secepatnya," ujar dia.

Menindaklanjuti banyaknya kelurahan para tahanan, pihaknya akan melakukan rapat dengan pihak sipir. Sehingga apa yang menjadi masalah hingga tahanan protes lalu kabur, segera selesai dan peristiwa serupa tak terulang kembali.

"Itu kita rapatkan Sabtu ini, cuti bersama itu kita rapatkan dan berikan kalau memang haknya," janji.


0 komentar:

Posting Komentar