close

Sabtu, 06 Mei 2017

Pasca tahanan kabur, Kepala Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru dicopot


Portal Negara - Kepala Rumah Tahanan Sialang Bungkuk Pekanbaru Teguh Trihatmanto dicopot dari jabatannya. Hal ini terjadi karena dia dinilai gagal memimpin Rutan sehingga mengakibatkan 448 orang tahanan kabur.

Hingga saat ini, sudah 221 orang tahanan yang ditangkap kembali oleh polisi TNI dan warga sekitar. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmiantha Dusak mengatakan, posisi Teguh digantikan pelaksana harian yang akan ditunjuk dalam waktu dekat.

"Iya jadi Kepala Rutan Sialang Bungkuk diganti dengan Pelaksana Harian. Hari ini sudah dibuat siapa namanya. Petugas lainnya juga sudah kita ganti," kata Dusak di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru, Sabtu (6/5).

Dia mengatakan, kondisi Rutan Sialang Bungkuk saat ini sudah berangsur kondusif dan terkendali. Pihaknya juga memeriksa sejumlah petugas terkait informasi pungutan liar terhadap para narapidana dan tahanan yang diduga dilakukan pejabat Rutan.

"Mereka (napi dan tahanan) meminta agar petugas itu dipindahkan karena dianggap terlalu ekstrem. Tapi kalau saya inginnya diperiksa, kalau mereka punya kesalahan harus ada sanksi," kata Dusak.

Bentrok antara napi dan tahanan dengan petugas sipir ditenggarai lantaran adanya dugaan pungli dan kapasitas yang penuh serta masalah kesehatan dan sarana air dalam Rutan yang tidak memadai. Namun, tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi saat salat Jumat (5/5) itu.

"Tidak ada korban, hanya ada beberapa kerusakan di dalam, namun tidak begitu signifikan. Yang dibakar, hanya ban dari pot dan ada pengrusakan kantin," ucap Dusak.

Terhadap kerusakan kantin dan kondisi Rutan yang berserakan sudah diperbaiki. Saat ini, sudah ada 104 napi dan tahanan yang dipindahkan dari Rutan Sialang Bungkuk ke Lapas Klas II A Pekanbaru dan Lapas Bangkinang.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo mengatakan hingga saat ini sudah 221 orang tahanan yang berhasil ditangkap kembali. Artinya, masih ada 227 orang tahanan yang berkeliaran di luar. Bukan hanya di Riau, polisi juga memburu mereka hingga ke provinsi tetangga berkordinasi dengan Polda lainnya.

"Update terakhir jumlah tahanan kabur yang ditangkap kembali sebanyak ?221 orang. Itu ditangkap di beberapa lokasi dengan melibatkan sejumlah Polres seperti Kota Pekanbaru, Kabupaten Pelalawan, Kampar, Siak dan Bengkalis," ujar Guntur.


0 komentar:

Posting Komentar